Jumat, 04 Maret 2016

Manusia Dan Kebudayaan

Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna dibanding yang lainnya, kenapa? Karena manusia tidak hanya diciptakan memiliki tubuh,jiwa, dan roh, tetapi manusia juga diciptakan untuk memiliki akal pikiran, akal pikiran untuk bisa berpikir secara luas ataupun memutuskan sesuatu.


 Dan pada hakikatnya manusia adalah:
1.      Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya
2.      Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
3.      Makhluk yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
4.      Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
5.      Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri , membantu orang lain dan membuat dunia untuk ditempati.
6.      Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudannya merupakan ketakterdugaan dengan pitensi yang tak terbatas.
7.      Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.
8.      Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial
  
Manusia juga adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri, sehingga kebanyakan dari manusia hidup dalam berkelompok, dari kehidupan manusia berkelompok inilah terbentuklah kebudayaan-kebudayaan.
Apa itu kebudayaan? Kebudayaan adalah suatu sikap atau cara hidup sekelompok manusia, dan diwariskan ke generasi selanjutnya. Kebudayaan dapat meliputi sitem politik, adat istiadat,bahasa,perkakas,pakaian, agama, bangunan, dan karya seni. Adanya kebudayaan dalam suatu kelompok manusia adalah untuk menjalin suatu komunikasi di dalam kelompok tersebut dan mempunyai sifat untuk mempererat jalin persaudaraan di dalam suatu kelompok tersebut.
Kebudayaan atau kehidupan masyarakat di Indonesia didominasi oleh kebudayaan bangsa timur. Kebudayaan bangsa timur terkenal dengan keramahtamahannya, seperti ketika saling bertemu saling memberi salam, tersenyum atau berbasa si menawarkan makanan atau minuman antara satu dengan lainnya. Bangsa timur juga sangat menjujung tinggi nilai-nilai moral atau norma-norma yang ada pada lingkungan masyarakat mereka.
Contohnya nilai kesopanan, seorang anak atau yang lebih muda harus menyalam tangan dan mencium tangan orang yang lebih tua yang tujuannya unuk menunjukan rasa hormat kepada yang lebih tua.
Kebudayaan atau kepribadian bangsa timur juga terkenal dengan sifat yang tidak individualisme dan salig tolong menolong antara yang satu dengan yang lainnya contohnya di Indonesia adanya kegiatan gotong royong yang diadakan dalam suatu daerah. Bangsa timur juga terkenal dengan ikatan tali silaturahmi yang kuat antara satu dengan lainnya, sehingga dapat mempererat jalinan antara individu satu dengan lainnya.

Kebudayaan memiliki 7 unsur, yaitu:
1.      Sistem bahasa
2.      Sistem pengetahuan
3.      Sistem kekerabatan dan organisasi sosial
4.      Sistem peralatan hidup dan teknologi
5.      Sistem ekonomi/mata pencaharian hidup
6.      Ssitem religi
7.      Kesenian

Dari ketujuh unsur kebudayaan membuktikan bahawa adanya kaitan manusia dan kebudayaan,kaitannya apa? Kaitannya manusia dan kebudayaan adalah dari kebudayaan tersebut dapat terjalinnya sebuah komunikasi atau interaksi sosial antara individu satu dengan yang individu lainnya, contohnya dari sistem bahasa seorang yang berasal dari suku batak ketika bertemu dengan suku batak lainnya mereka bisa berinteraksi satu sama lain sehingga terbangunnya hubungan interaksi yang erat, karena mereka merasa memiliki kesamaan kebudayaan sehingga merasa adanya hubungan komunikasi yang erat.

Terdapat 3 wujud kebudayaan, yaitu:
1.      Ide/gagasan adalah suatu pola pikir yang telah berkembang di masyarakat dan dipercayai sebagai pedoman.
2.      Aktifitas adalah kegiatan atau tindakan yang dilakukan masyarakat yang mempunyai tujuan untuk menunjukan rasa syukurnya kepada Tuhan contohnya upacara panen padi dan kegiatan tersebut telah turun temurun dilakukan.
3.      Peninggalan, adalah hasil karya atau benda yang diturunkan dari generasi ke generasi yang bersifat diwariskan dan sebagai bukti bahwa adanya kebudayaan.

Adanya wujud kebudayaan yang berkembang di masyarakat membuktikan bahwa kebudayaan sudah melekat erat di kalangan masyarakat berkelompok dan sangat di junjung tinggi keberadaannya sehingga kebudayaan tersebut tidak menjadi hilang, terutama di zaman teknologi ini dimana kebudayaan luar dapat mudah sekali masuk kedalam suatu kelompok masyarakat atau contohnya Indonesia. Maka tak heran jika adanya perubahan kebudayaan contohnya dimana dulu masyarakat Indonesia khususnya Indonesia dikenal dengan pakaian kebayanya akan tetapi sekarang tidak sedikit wanita Indonesia yang mengabaikan kebaya.
Kebudayaan memiliki banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, dan nilai-nilai kebudayaan tersebut berbeda beda akan tetapi dari keseluruhan nilai kebudayaan yang ada mempunyai orientasi-orientasi yang hampir sejalan terhadap yang lainnya.
Dan terdapat lima masalah dasar dalam hidup yang menentukan orientasi  nilai budaya manusia (menurut Kluckhohn) :
1.      Hakikat hidup :
·         Hidup itu buruk
·         Hidup itu baik
·         Hidup bisa buruk dan baik, tetapi manusia tetap harus bisa melakukan dengan sungguh-sungguh dan tetap bersyukur kepada Tuhan agar hidup bisa menjadi baik
·         Hidup adalah pasrah kepada nasib yang telah ditentukan
2.      Hakikat karya :
·         Karya itu menafkahi atau memenuhi kebutuhan hidup
·         Karya itu untuk kehormatan
3.      Persepsi manusia tentang waktu :
·         Berorientasi hanya kepada masa kini. Apa yang dilakukannya hanya untuk hari ini dan esok. Tetapi orientasi ini bagus karena seseorang yang beorientasi kepada masa kini pasti akan bekerjasemaksimal mungkin untuk hari-harinya
·         Orientasi masa lalu. Masa lalu memang bagus untuk diorientasikan untuk menjadi sebuah evolusi diri mengenai apa yang sepatutnya dilakukan dan apa yang sepatutnya dilakukan dan yang tidak dilakukan
·         Orientasi masa depan. Manusia yang futuristik pasti lebih maju dibandingkan dengan lainnya, pikirannya terbentang jauh kedepan dan mempunyai pemikiran yang lebih matang mengenai langkah-langkah yang harus dilakukannya
4.      Pandangan terhadap alam:
·         Manusia tunduk kepada alam yang dahsyat
·         Manusia berusaha menjaga keselarasan dengan alam
·         Manusia berusaha menguasai alam.
5.      Hubungan manusia dengan manusia
·         Orientasi horizontal, rasa ketergantungan antara sesama manusia, contohnya kegiattan bergotong royong
·         Orientasi vertikal, rasa ketergantungan kepada tokoh-tokoh yang mempunyai otoriter untuk memerintah dan memimpin
·         Individualisme, menilai tinggi usaha atas kekuatan sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu "Kita"?

 Hallo, apakabar? Pertanyaan itu akan menjadi pertanyaan yang mugkin sepele tapi itu sulit dan mungkin sangat sulit untuk disampaikan. "...