Minggu, 25 Maret 2018

Ekonomi Teknik (Tugas I)



Ekonomi teknik merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek ekonomi dalam teknik yang terdiri dari evaluasi sistematis dari biaya-biaya dan manfaat-manfaat usulan proyek-proyek teknik.

Ekonomi teknik merupakan keharusan bagi para ahli teknik untuk lebih mengembangkan disiplin keilmuannya dengan memahami disiplin keilmuan lainnya sehingga dapat bersinergi dalam mengakomodasi beragam peluang dan tantangan yang ada. Mengingat abad globalisasi yang sarat dengan kompetisi dan inovasi teknologi, keharusan dalam menguasai beragam aspek menjadi hal yang paling hakiki untuk dapat keluar sebagai pemenang. 

Kegiatan ekonomi sebuah perusahaan adalah usaha untuk memeperoleh keuntungan pada setiap siklus kegiatan usaha. Siklus kegiatan usahan dapat digambarkan sebagai berikut

Ekonomi teknik juga dipengaruhi oleh konsep efisiensi, efektivitas, dan optimalisasi yang rumusnya adalah :


Suatu rancangan teknik yang baik seharusnya memerhatikan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, dan produktivitas rancangannya dengan mencari kondisi-kondisi yang optima; dari setiap variabel yang berpengaruh terhadap rancangan tersebut.

Dalam ekonomi teknik juga membahas tentang cash flow, cash flow dalam ekonomi teknik adalah cash flow investasi yang bersifat estimasi/prediktif, karena kegiatan evaluasi investasi pada umumnya dilakukan sebelum investasi tersebut dilaksanakan, jadi perlu dilakukan estimasi atau perkiraan terhadap cash flow yang akan terjadi apabila rencana investasi tersebut dilaksanakan. Dalam suatu investasi secara umum, cash flow akan terdiri dari empat komponen utama, yaitu:
1. Investasi
2. Operasional cost
3. Maintenence cost
4. benefit/ manfaat

Secara umum bentuk grafts dari cash flow suatu investasi tersbut dipelihatkan pada gambar di bawah ini
Biaya

1. Biaya (cost), yang dimaksud dengan biaya disini adalah semua pengorbanan yang dibutuhkan dalam rangka mencapai suatu tujuan yang diukur dengan nilai uang.

2. Pengeluaran (expence), yang dimaksud dengan expence ini biasanya yang berkaitandengan sejumlah uang yang dikeluarkan atau dibayarkan dalam rangka mendapatkan sesuatu hasil yang diharapkan.

Terdapat beberapa klasifikikasi biaya antara lain yaitu:

a. Biaya berdasarkan waktunya
b. Biaya berdasarka kelompok sifat penggunannya
c. Biaya berdasarkan produknya
d. Biaya berdasarkan volume produk.


1.      Biaya Berdasarkan Waktu
a.       Biaya masa lalu yang tujuannya adalah:
-          Sebagai dasar dalam penyusunan atau estimasi biaya masa datang
-          Sebagai dasar dalam pertanggungjawaban pimpinan atau pihak yang berwenang atas biaya historis pada umumnya merupakan bidang utama utama dari orang-orang akutansi keuangan, terutama dalam kegiatan audt biaya. Disamping itu, biaya historis digunakan secara umum oleh banyak pihak dalam menyusun (estimate) biaya kegiatan ke depan.
b.      Biaya perkiraan (pedictive cost), yaitu perkiraan biaya yang akan dikeluarkan bila kegiatan itu dilaksanakan. Tujuan dari biaya perkiraan adalah:
-          Memperkirakan pemakaian biaya dalam merealisasikan suatu rencana kegiatan masa datang .
-          Memastikan apakah biaya yang akan dikeuarkan itu masih mungkin diperbaiki atau diturunkan tanpa mengurangi hasil secara kualitas maupun kuantitas.
c.       Biaya aktual (actual cost), yaitu biaya yang sebenernya dikeluarkan. Biaya ini perlu diperhitungkan jika panjangnya jarak waktu antara pembelian bahan dengan waktu proses atau penjualan, sehingga terjadi perubahan harga pasar.
2.      Biaya Berdasarkan Kelompok Sifat Penggunaannya
a.       Biaya investasi (Investment cost)
b.      Biaya operasional (operasonal cost)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu "Kita"?

 Hallo, apakabar? Pertanyaan itu akan menjadi pertanyaan yang mugkin sepele tapi itu sulit dan mungkin sangat sulit untuk disampaikan. "...