Jumat, 09 Oktober 2015

ILMU SOSIAL DASAR



Pengertian ISD
ISD adalah ilmu yang mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang di wujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan teori-teori  (fakta,konsep) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti georafi sosial, sosiologi, antropologi sosial, ilmu politik, ekonomi, psikologi sosial, dan sejarah).
Tujuan ISD
1.     Memahami dan menyadari adanya masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.     Warga Indonesia memiliki sikap dan tingkah laku yang baik dalam bermasyarakat agar tidak terjadi keributan ataupun kericuhan.
3.     Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha mencegah dan menanggulanginya.
 3 kelompok ilmu pengetahuan :
1.     Ilmu pengetahuan alam
Ilmu pengetahuan alam adalah ilmu yang semua kaitannya tentang nilai kehidupan, dan ilmu pengetahuan alam dibagi menjadi beberapa cabang seperti :
Ø Biologi mempelajari tentang makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mempelajari oragan-oragan dalam makhluk demi mengetahui seberapa besar perbedaan organ dalam setiap makhluk hidup yang mempunyai banyak manfaat, misalnya agar kita dapat megetahui penyakit-penyakit yang ada di dalam organ tubuh manusia, hewan, dan tumbuhan.
Ø Kimia adalah ilmu yang mempelajari jenis-jenis bahan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari kimia mempelajari hasil yang diperoleh dari alam seperti emas, minyak bumi, garam,asam, batu bara, dan masih banyak lagi semua itu dipelajari dengan banyak perhitungan dan juga mengetahui hasil alam lainnya dengan itu bisa menemukan produk baru dari hasil percobaan yang nantinya akan berguna bagi manusia, hasil produk misalnya seperti bensinyang digunakan manusiauntuk bahan kendaraan bermotor.
Ø Fisika adalah ilmu yang mempelajari skala perbandingan yang mempunyai banyak cara dan juga langkah-langkah metode dalam perhitungannya didalam proses perhitungannya fisika banyak menggunakan satuan dan juga masa jenis didalam kehidupan. Ilmu fisika pun sangatlah banyak keuntungannya contoh: seperti dalam pembuatan pesawat terbang akan selalu menghitung tingkat kestabilan kerangka, kekuatan kerangka dan tekanan angin yang akan diterima tubuh pesawat dan itu dilakukan agar pesawat dapat terbang dengan stabil dan aman.
2.      Ilmu Pengetahuan sosial
Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang unsur atau nilai-nilai dan berinteraksi sosial, nilai kehidupan dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang yang mempunyai tenggang rasa sesama manusia dan didalam ilmu pengetahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu seperti : sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Ø  Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan dari mulai alat-alat yang digunakan mereka untuk melakukan kegiatannya, dan mengetahui cara berpikirnya dan pola berkembang.
Ø   Geografi ilmu yang mempelajari tentang letak suatu daerah dan astronominya ilmu ini sangat berguna untuk mengetahui letak-letak daerah dan gejala-gejala alam.
Ø  Ekonomi adalah sebuah ilmu yang menggunakan perhitungan dalam menjalankan sebuah kegiatan agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan tepat.


3. Ilmu Pengetahuan Budaya
            Ilmu pengetahuan budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti teologi, filsafat, hukum,sejarah, filologi,bahasa, budaya, dan linguistik (kajian bahasa, kesusastraan, kesenian psikologi). Sedangkan ilmu yang mempelajari dasar-dasar kebudayaan pola yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Perbedaan antara ISD dan IPS
1.      Ilmu sosial dasar diberikan di perguruan Tinggi, Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di sekolah dan sekolah lanjutan.
2.     Ilmu sosial dasar merupakan mata kuliah tunggal sedangkan ilmu pengetahuan sosial dasar merupaka kelompok sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lajutan).
3.     Ilmu Sosial dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang ilmu pengetahuan sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelekual.
Persamaan antara ISD dan IPS
1.     ISD dan IPS merupakan bahan studi untu kepentingan program pendidikan.
2.     Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.     Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
3 Golongan bahan pelajaran ISD
1.     Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
2.     Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial
3.     Masalah-masalah yang timbul dalam masyarkat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial  antara yang satu dengan yang lainnya berbeda.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa itu "Kita"?

 Hallo, apakabar? Pertanyaan itu akan menjadi pertanyaan yang mugkin sepele tapi itu sulit dan mungkin sangat sulit untuk disampaikan. "...